Jual Sabu ke Polisi yang Menyamar, Pemuda Linggo Sari Baganti Ini Tak Berkutik Saat Ditangkap

Dok. Polres Pessel
Dok. Polres Pessel

KITASIAR.com – Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat kembali melakukan penangkapan terhadap satu orang pemuda Kecamatan Linggo Sari Baganti yang patut diduga sebagai penyalahgunaan narkotika golongan I jenis sabu.

Kapolsek Linggo Sari Baganti IPTU Hendra membenarkan penangkapan tersebut pada hari Rabu 14 September 2022 pukul 20.20 WIB bertempat di Kampung Lubuk Buaya, Kenagarian Air Haji Tenggara, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan.

“Identitas tersangka inisial MFF (19), dengan barang bukti yang diamankan satu paket kecil sabu yang dibungkus plastik klip bening,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/9/2022).

Dari hasil penyelidikan didapatkan informasi dari masyarakat adanya diduga pelaku yang sering pesta dan bertransaksi narkoba di Kampung Lubuk Buaya, setelah dilakukan penyelidikan panjang oleh Kanit Reskrim Bripka Toma Hadi Putra dan Aiptu Yopi Alexander di bawah pimpinan Kapolsek IPTU Hendra sampai melakukan lidik hingga melakukan pembelian terselubung (Under Cover Buy) kepada tersangka.

Bacaan Lainnya

Setelah disepakati transaksi terjadi di jalan Kampung Lubuk Buaya, personel yang menyamar sebagai pembeli, kemudian bertemu langsung dilakukan penangkapan, ditangannya ditemukan satu paket narkoba sabu yang telah dibungkus plastik.

Di waktu penangkapan langsung dilakukan interogasi dirinya mengakui kepemilikan barang haram tersebut disaksikan saksi dan masyarakat sekitar.

Menurut pengakuan tersangka dirinya mendapatkan barang haram tersebut dari seseorang (identitas sudah diketahui petugas).

Langsung kapolsek dan personelnya melakukan pengejaran terhadap pemilik asal barang dimaksud.

Setelah sampai di lokasi ternyata pemilik barang sudah melarikan diri dan petugas memanggil wali nagari dan kepala kampung untuk melakukan penggeledahan rumah pemilik barang, di sana petugas mendapatkan dua paket kecil sabu, satu timbangan digital, tiga bungkus paket besar, empat paket sedang, dan 17 paket kecil ganja kering (khusus ganja berat sekira 500 Gram).

“Selanjutnya tersangka MFF (19) beserta barang bukti tersebut diamankan di Unit Reskrim Polsek Linggo Sari Baganti guna pengembangan dan proses hukum selanjutnya,” terang kapolsek.

Dan mengenai satu tersangka yang dapat melarikan diri, kata dia, ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Segera menyerahkan diri, kita akan mengambil tindakan tegas kemanapun dia lari tidak akan bisa menghindar karena datanya sudah kita kantongi,” tegasnya.

Dalam jumlah dan alat atau prekursor narkoba yang ditemukan ditangan tersangka ini dirinya berpotensi sebagai pengedar dan pemakai, namun demikian akan dilakukan pemeriksaan intensif dan profesional serta lebih mendalam apa saja peran masing-masingnya.

Walaupun begitu, pihaknya tegas dan tidak akan main-main dalam proses hukumnya, terlihat dari saat melakukan penangkapan sebelumnya di berbagai tempat wilayah Kecamatan Linggo Sari Baganti bahkan proses sidiknya sudah lanjut ke JPU Pessel.

“Tersangka akan kami proses lebih dalam dan akan dijerat dengan pasal berlapis sesuai Undang-Undang No.35 tahun 2009 Tentang Narkotika dan bahkan ancaman hukuman dalam UU tersebut yaitu pidana penjara seumur hidup, atau paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun dan hukuman mati,” tutupnya.

(*/ksr)

BACA DAN IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *