Trekking ke Puncak Bukit Batu Garudo, Menikmati Pesona Tersembunyi di Negeri Sejuta Pesona

Pemandangan di Puncak Bukit Batu Garudo yang dikenal dengan The Real View of Paradise Mandeh, surga tersembunyi di Negeri Sejuta Pesona. Foto: Dok. Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia Kecamatan Koto XI Tarusan

KITASIAR.com – Rombongan pria ini tak bisa menyembunyikan kegembiraan saat mengunjungi Bukit Batu Garudo yang terletak di Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Bahagianya mereka, terpancar jelas dari sorakan yang menggema. Penat tubuh seolah lenyap seketika, diserap oleh keindahan alam yang menakjubkan.

Seolah sehelai surga tersembunyi, keindahan alam dari Puncak Bukit Batu Garudo ini tidak hanya terlihat, tetapi juga terasa begitu mendalam.

Rombongan penyuka trekking berfoto di Puncak Bukit Batu Garudo. Foto: Dok. Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia Kecamatan Koto XI Tarusan

Bacaan Lainnya

Dengan beragam spot foto yang menggoda, para pengunjung tak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen indah saat berada di Puncak Bukit Batu Garudo ini.

Bukit ini juga dijuluki The Real View of Paradise karena dari puncaknya bisa dijumpai keindahan sesungguhnya dari Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh.

Sebutan Negeri Sejuta Pesona untuk Kabupaten Pesisir Selatan juga tak sekadar slogan. Ini dibuktikan dengan potensi wisata yang dimilikinya mulai dari pantai, kegiatan laut seperti diving dan snorkeling, hingga pemandangan perbukitan, semuanya menawarkan pesona luar biasa. Indah tak terkira.

Pemandangan di Puncak Bukit Batu Garudo yang dikenal dengan The Real View of Paradise Mandeh, surga tersembunyi di Negeri Sejuta Pesona. Foto: Dok. Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia Kecamatan Koto XI Tarusan

Dari kejauhan, Puncak Bukit Batu Garudo memang menyerupai kepala burung garuda. Pj Wali Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia, Ressy Amra Reyes, membagikan cerita unik yang melekat pada bukit tersebut.

Para tokoh masyarakat (orang tua) setempat, menyakini sebuah legenda lama yang dipercaya turun-temurun.

Bahwa, asal muasal bukit, tercipta dari kepala burung garuda yang mati, kemudian menjadi gundukan bukit batu.

“Ini merupakan cerita lama (legenda) masyarakat. Asal muasal nama Bukit Batu Garudo,” ujar Reyes.

Trekking Santai dan Harga Bersahabat

Puncak Bukit Batu Garudo bukan hanya untuk dinikmati dari kejauhan, tapi juga dapat dijangkau melalui wisata trekking yang menarik.

Alessandro Satri, pegiat desa wisata Sungai Nyalo Mudiak Aia, menjelaskan bahwa trekking ke Puncak Bukit Batu Garudo dengan ketinggian ± 241 MDPL ini adalah salah satu wisata minat khusus unggulan di KWBT Mandeh.

“Trekkingnya tidak terlalu terjal, bisa disebut trekking santai,” ungkapnya.

Jalur trekking menuju Puncak Bukit Batu Garudo. Foto: Dok. Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia Kecamatan Koto XI Tarusan

Dengan waktu tempuh sekitar 45 menit, pengunjung akan menemukan tali-tali yang disediakan untuk memudahkan perjalanan.

Paket trekking yang ditawarkan juga sangat bersahabat, dengan harga Rp250.000 untuk minimal 10 orang peserta.

Harga tersebut mencakup jasa pendamping trekking sehingga dapat memberikan pengalaman berharga tanpa memberatkan kantong.

“Bujet ini, hanya untuk jasa pendamping trekking, saja,” ucap Alessandro Satri.

Jalur trekking menuju Puncak Bukit Batu Garudo. Foto: Dok. Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia Kecamatan Koto XI Tarusan

Bagi yang ingin menjelajahi keindahan alam di Puncak Bukit Batu Garudo, perjalanan dari Kota Padang (Ibu Kota Sumatera Barat) tak memakan waktu lama.

Hanya sekitar 60 menit atau 47 KM melalui jalur darat, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam ini.

Selama perjalanan, pemandangan indah lain turut menyertai, menambah kesan mendalam dari liburan ini.

Fasilitas umum juga tersedia di sepanjang perjalanan, termasuk penginapan, rumah makan, dan tempat ibadah.

Jadi, tak ada alasan untuk tidak merencanakan liburan ke KWBT Mandeh yang menakjubkan ini. Wisata trekking ke puncak Bukit Batu Garudo memang layak dicoba. Ayo berwisata ke KWBT Mandeh! (adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *