Kearifan Lokal Mambadak Masjid Nagari Salimpek

Bupati Solok, Epyardi Asda memberikan sambutan dalam Alek Mambadak Masjid. (Foto: Ist)

KITASIAR.com – Sebuah tradisi kearifan lokal, Alek Mambadak Masjid Tauhid, Jorong Taratak Baru, Nagari Salimpek, Kabupaten Solok dilakukan oleh 4 Suku yang ada di Nagari Salimpek yakni Suku Melayu, Suku Chaniago, Suku Panai, dan Suku Tanjuang pada Minggu (19/2/2023).

Kegiatan itu dihadiri langsung Bupati Solok, Epyardi Asda. Turut mendampingi, Asisten II Sekda Kabupaten Solok, Deni Prihatni, Kepala Dinas Kominfo, Teta Midra, Kepala Dinas Kesehatan, Zulhendri, Camat Lembah Gumanti, Zulbakti, Wali Nagari Salimpek, Zulfikar, Wali Nagari se-Kecamatan Lembah Gumanti, Tokoh-tokoh Agama dan Adat serta masyarakat Nagari Salimpek.

Alek Mambadak ini merupakan upacara adat di Nagari Salimpek dalam rangka pembersihan dan membangun kembali Masjid Tauhid Jorong Taratak Baru. Upacara adat diawali dengan resepsi pambaliak baban dari 4 Suku yang ada di Nagari Salimpek. Selanjutnya, dilakukan penyerahan Baban Bungo Siriah dari anak kemenakan keempat suku tersebut kepada pengurus Masjid.

Wali Nagari Salimpek, Zulfikar mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Solok bersama pemerintah daerah yang telah mengakomodir setiap usulan yang diberikan pada Musrenbang sehingga dapat terealisasi secara keseluruhan.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap ke depan akan banyak lagi pembangunan yang diberikan di Nagari Salimpek ini,” harapnya.

Bupati Solok, Epyardi Asda dalam sambutannya mengatakan, semoga dengan kebersamaan ini semua bisa membangun dan membawa Nagari Salimpek ke kejayaannya. Kegiatan Mambadak Masjid ini berarti memoles dan mempercantik Masjid agar menjadi lebih baik dan lebih indah sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang ada di dalamnya.

“Hari ini saya juga hadir di sini karena memiliki prinsip Anggaran Berbasis Kebutuhan Rakyat dan bagaimana bisa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh rakyat dengan hadir langsung di tengah-tengah masyarakat,” ujar Epyardi Asda.

Bupati juga turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh tokoh masyarakat yang telah memberikan usulan-usulan yang dibutuhkan untuk pembangunan di Nagari Salimpek terkhususnya Jorong Taratak Baru.

Adapun beberapa usulan masyarakat Nagari Salimpek yang ditampung Bupati Solok diantaranya perbaikan jembatan, atap, WC, dan tempat berwudhu di SMPN 4 Lembah Gumanti, bantuan untuk pembangunan Masjid Tauhid sebesar 10 juta rupiah, pembangunan gedung pustaka, penambahan WC dan tempat berwudhu SDN 12 Salimpek.

Selanjutnya, lampu jalan dan arus listrik Jorong Salimpek, penyelesaian pembangunan jembatan utama menuju Jorong Sungai Talang, serta lanjutan pembukaan jalan Kubang Jantan ke Sibuah-buah. (DDP).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *