Wako Solok Buka Sosialisasi E-Katalog Lokal Sektor Jasa Konstruksi

KITASIAR.com – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar secara resmi membuka Sosialisasi E-Katalog Lokal Sektor Jasa Konstruksi, Di Akmal Room Bappeda Kota Solok, Kamis (01/02/2024).

Turut hadir, Asisten II Sekda Kota Solok, Jefrizal, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Solok, Zahirman, Kepala OPD, PA, KPA, Pejabat Pengadaan, tim teknis, pelaku usaha serta Asosiasi Jasa Konstruksi Kota Solok.

Sebagai pemateri dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP) yakni Analis Kebijakan Madya Direktorat Advokasi Pemerintah Derah, Erlangga Aninditya, Penelaah Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Direktorat Advokasi Pemerintah Daerah, Wuri Setianingrum, serta Anggota Tim Pengelolaan Sistem Informasi Katalog Elektronik, Muhammad Fakhri Naufaldi.

Wako dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Pengembangan Sistem Katalog dan Direktorat Advokasi Pemerintah Daerah LKPP-RI yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

Bacaan Lainnya

Katalog elektronik hadir menjadi media yang tepat dalam mengembangkan e-government procurement dalam menjawab tuntutan pengadaan yang berkembang pesat di era modern saat ini, dengan tetap menjaga pilar pengadaan yang bersih dan transaparan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi dewasa ini telah berdampak pada perubahan-perubahan yang mendasar membawa Bangsa Indonesia menuju paradigma baru memasuki era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Pengadaan barang atau jasa pemerintah merupakan salah satu aktifitas yang sering mendapat sorotan. Namun dalam beberapa waktu terakhir, permasalahan dalam pengadaan barang atau jasa pemerintah mulai berkurang sejak diadakannya pengadaan barang dan jasa secara elektronik (e-procurement).

E-procurement sendiri merupakan pengadaan barang atau jasa yang dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Katalog elektronik lokal merupakan aplikasi belanja online yang dikembangkan oleh LKPP. Dengan adanya katalog elektronik lokal ini dapat menggerakkan dan menyejahterakan ekonomi penyedia usaha mikro dan kecil yang ada di Kota Solok lewat optimalisasi pelibatan pelaku usaha daerah dalam pengadaan barang/ jasa pemerintah serta memudahkan mekanisme belanja pemerintah daerah untuk mempercepat realisasi anggaran dengan tetap mengacu pada tata kelola pemerintahan yang baik.

Dapat Kami sampaikan bahwa pada saat ini Pemerintah Kota Solok tengah gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur baik fisik dan non fisik sebagai upaya mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi, dan sekaligus menjadi salah satu cara untuk mencegah korupsi pada keuangan negara.

Untuk itu pengadaan barang/ jasa memerlukan modernisasi melalui pemilihan dengan menggunakan katalog elektronik. Dengan demikian diharapkan pengadaan barang/ jasa dapat terlaksana dengan efektif, efisien, transparan, terbuka, bersaing, dan akuntabel.

“Kami minta kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya, karena peserta akan mendapatkan penjelasan yang komprehensif dari para narasumber yang memang berkompeten dan berpengalaman,” ujar wako.

Harapan Kami dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, seluruh peserta akan memiliki persepsi, pengetahuan dan pemahaman yang sama dalam memahami bagaimana proses pelaksaan pengadaan barang/jasa melalui katalog elektronik lokal jasa kontruksi. (Deni).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *