Pasca Erupsi Marapi, Damkar Lakukan Pembersihan Jalan Protokol

Foto: Diskominfo

KITASIAR.com – Pasca terjadinya erupsi Gunung Marapi pada Rabu (27/3/2024) dini hari yang berdampak Padang Panjang dilanda abu vulkanik, Pemadam Kebakaran (Damkar) langsung melakukan pembersihan jalan-jalan utama.

Erupsi Gunung Marapi terjadi pada pukul 00.13 WIB. Dengan tinggi kolom letusan teramati ± 1500 m di atas puncak (± 4391 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat menuju Kota Padang Panjang.

Menurunkan dua armada dengan 15 orang personel, Damkar melakukan pembersihan mulai dari depan Balai Kota, Simpang PDAM, Bukit Surungan, Simpang Lapan, lalu Simpang PDAM, depan Koramil, Simpang Hasiba.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar), Benny, S.STP kepada Kominfo menyampaikan, pembersihan jalan tersebut dilakukan mengingat abu vulkanik yang tebal melanda Padang Panjang membuat jalanan diselimuti debu.

Bacaan Lainnya

“Kita menurunkan armada dan personel untuk pembersihan jalan protokol dan jalan-jalan lainnya. Ini kita lakukan untuk mengurangi abu yang ada di jalan. Ini akan bisa terhirup oleh masyarakat kita dan bisa menyebabkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA),” ujarnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah jika tidak ada keperluan untuk keluar. Jika keluar rumah selalu gunakan masker mengingat adanya abu yang beterbangan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *