KPU Sumbar Ingatkan KPU Kabupaten dan Kota Segera Tetapkan Anggota DPRD Terpilih Usai Putusan MK

KITASIAR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) mengingatkan KPU Kabupaten dan Kota untuk segera menetapkan hasil perolehan kursi dan calon terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten dan Kota.

Batas akhir penetapan ini adalah Kamis, 2 Mei 2024, sesuai ketentuan setelah keluarnya surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) kepada KPU RI.

Ory Sativa Syakban, Komisioner KPU Sumbar, menjelaskan bahwa menurut Pasal 22 Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2024 tentang Penetapan Paslon Terpilih, Perolehan Kursi, dan Calon Terpilih, penghitungan dan penetapan perolehan kursi anggota DPRD Kabupaten/Kota dilakukan apabila tidak ada permohonan perselisihan hasil pemilu.

“Penetapan anggota DPRD Kabupaten/Kota terpilih harus dilaksanakan paling lambat tiga hari setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK tentang daftar permohonan PHP anggota DPRD Kabupaten/Kota,” ujar Ory, Rabu (1/5/2024).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan surat MK Nomor: 2384/HP.10.04/04/2024 tertanggal 29 April 2024, dipastikan 17 Kabupaten/Kota di Sumbar tidak terdapat dalam daftar permohonan sengketa yang diterima KPU. Oleh karena itu, KPU di 17 Kabupaten dan Kota tersebut wajib menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih DPRD mereka masing-masing paling lambat 2 Mei 2024.

“Penetapan ini tidak termasuk Kabupaten Dharmasraya dan Solok, yang penetapannya dilakukan paling lambat tiga hari setelah KPU menetapkan hasil pemilu secara nasional pasca putusan MK,” tambah Ory.

Selain itu, Ory menyatakan bahwa penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Sumbar juga harus memperhatikan sengketa hasil pemilu di daerah pemilihan Sumatera Barat 4 yang diajukan oleh PDI Perjuangan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *